Jumat, 26 Maret 2010

Autovivification

Berdasarkan pertanyaan dari beberapa orang yang agak kebingungan dengan istilah autovivicationautovivification, mungkin secara singkat saya akan langsung memberikan contoh tentang apa itu yang disebut dengan autovivication.autovivification
Ini dia autovivication autovivification:
my $hash;
$hash->{aaa}{bbb}{ccc} = 'sebuah nilai';

Ketika dideklarasikan, $hash tidak mempunyai key dan value, tetapi kemudian kita memberikan suatu value pada key yang 'undefined'.

Ya sesingkat itulah definisi dari autovivication.autovivification

1 komentar:

  1. wah penyelamat. kebetulan minggu lalu gw gak posting, jadi kalo menurut aturan mestinya akan balik ke kertas. untung ada dikau zak :)

    btw, ejaan yang lebih sering dipakai nampaknya adalah autovivification. dan kita gak harus melakukan assignment kok. pada contoh di bawah ini:

    if ($x->{a}{b}[2]{c}) { ... }

    walaupun kita tidak melakukan assignment secara eksplisit, kita secara otomatis telah menciptakan hash $x->{a} dan array $x->{a}{b} dan hash $x->{a}{b}[2]. singkatnya, di mana saja sebuah array atau hash kira2x perlu "diadakan", maka diadakanlah dia.

    terus terang, gw sendiri dari dulu cenderung ngeri/alergi memakai ini, dan selalu membiasakan membuat intermediate hash/array dulu. karena di bahasa pemrograman lain fitur ini gak/jarang ada.

    BalasHapus