Rabu, 31 Maret 2010

Kompetisi, kompetisi

(Berhubung lagi gak mut dan ada kerjaan2x lain, kelewat seminggu deh posting Iron Man. Menurut aturan, seharusnya status ane jadi kertas lagi :-( Ternyata tidak, karena ada posting dari zak. Thanks zak :) )

Tadi barusan baca postingan Sawyer X tentang postingan Adam Kennedy yang berencana mengadu Dancer dan Mojolicious. Exciting banget!

IMO, dari dulu seharusnya komunitas Perl menggelar inisiatif2x kompetisi seperti ini.

Biasanya yang sering terjadi di CPAN adalah kelahiran modul demi modul baru yang merupakan eksperimen atau proyek pribadi milik orang2x berbeda. Kurang suka dengan sebuah modul? Buat saja tandingannya, alternatifnya, versi Anda sendiri. Lihat ada berapa belas framework web di Perl sejak Catalyst, ada berapa puluh modul untuk validasi data (ane juga nyumbang satu nih hehe), dan mungkin seratusan modul konfigurasi.

Tapi yang membuat pengguna bingung, bagaimana memilih modul terbaik? Terpopular? Tercepat? Dsb. Kurang ada perbandingan2x atau benchmark2x atau kontes. Komunitas Perl seolah gak suka dengan kompetisi. Bahkan counter download aja dari dulu gak jadi dibuat2x.

Kita perlu ingat bahwa kompetisi mendorong inovasi. Kurang inovasi berarti mati.

Ayo kita berkompetisi, ayo kita saling beradu secara positif.

-- sh (Yang sedang menggodok versi Data::Schema berikutnya untuk menjadi DFV-killer :-)

2 komentar:

  1. Setiap malam minggu saya pengen nulis tentang Perl namun akhirnya selalu gak jadi, kalo udah jadi tulisan nya lalu saya lihat lagi .. pasti suka merasa gak pas

    BalasHapus
  2. gak papa zak, kontribusi, kontribusi! :)

    BalasHapus